Logo Fakultas Bisnis UVERS

BLEX : KOMBINASI KREATIVITAS MAHASISWA DAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN

Perguruan tinggi kini tidak hanya dituntut untuk menghasilkan lulusan yang mampu bekerja sebagai profesional di bidang keahliannya masing-masing, lebih jauh kini para lulusan dituntut untuk mampu menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang. Oleh karena itu, penanaman kreativitas dan semangat kewirausahaan kepada mahasiswa dinilai sangat penting.

Program Studi Manajemen Universitas Universal (UVERS) tidak ketinggalan dalam mengasah kreativitas dan semangat entrepreneurship mahasiswanya. Salah satu program yang diluncurkan untuk memfasilitasi itu adalah BLEX atau Business Launch and Exhibition. Program ini diisi dengan kegiatan presentasi dan peluncuran bisnis mahasiswa kepada publik. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (14/10) tersebut diikuti oleh 7 (tujuh) kelompok bisnis mahasiswa yang terdiri dari Kingcio, Bhacocs, Sweet Time, Kimochi, Newlet, Cikki Moy, dan Jahe API.

BLEX dimulai dengan brainstorming di awal semester untuk menentukan produk apa yang akan dijual. Selanjutnya diteruskan dengan membuat business model, dan dimantapkan dengan menentukan produk yang akan dijual serta business plan bisnis tersebut. Berbagai rangkaian tersebut tidak terlepas dari proses pembelajaran salah satu mata kuliah di Program Studi Manajemen.

“Tujuan BLEX adalah sebagai implementasi mereka untuk menjadikan sebuah bisnis sebagai bisnis yang real, bukan sekedar tugas. Secara jangka panjang, saya juga meminta kepada mahasiswa untuk mempertahankan bisnis tersebut.” ujar Muhammad Trio Febriyantoro, S.E., M.M selaku dosen dan Kepala UMKM Center Universitas Universal (UVERS). Ia juga mengungkapkan bahwa para mahasiswa cukup antusias dan serius dalam menekuni bisnisnya.

Bisnis para mahasiswa yang diluncurkan di BLEX diharapkan selalu eksis dan bertahan hingga benar-benar menjadi sebuah bisnis yang kuat. (AS)

Scroll to Top